Minggu, 06 Mei 2012

goa sriti

Pangeran, Tunjukkan Jalan ke Goa Sriti!
Goa Sriti adalah salah satu gua pertahanan Pangeran Diponegoro ketika beliau berperang gerilya melawan Belanda. Untuk mencapainya sebenarnya cukup mudah, sebab Pangeran Diponegoro sendiri hingga kini senantiasa menunjukkan jalan ke Goa Sriti kepada para pelancong

Patung Pangeran Diponegoro ini bisa dijumpai di ruas jalan Dekso-Samigaluh, sekitar 2 km dari perempatan Dekso. Sedangkan untuk mencapai perempatan Dekso, bisa dengan melalui jembatan Kebonagung atau dari perempatan Kenteng, Nanggulan. Informasi tentang Patung Pangeran Diponegoro ini bisa disimak di ini
 
Rute ke Perempatan Dekso, Kalibawang ...
 Dari jalan terminal Jombor Magelang melalui Jl Kebonagung hingga tiba di Kantor Kec. Minggir (sekitar 22 km) untuk kemudian mengarah ke jembatan Kebonagung. Bisa juga melalui Jl. Godean hingga tiba di perempatan Kenteng (sekitar 18 km) untuk kemudian mengambil arah ke utara.
Oh iya, jangan kaget kalau melihat jalan yang ditunjuk oleh Pangeran Diponegoro ya! Soalnya jalannya seperti ini.
Dan memang sepanjang jalan rata-rata medan jalannya ya seperti ini.
Goa Sriti berukuran cukup luas, namun tentu saja gelap dan pengap. Di langit-langit gua terdapat lubang udara untuk mengalirkan asap kayu bakar. Nggak kebayang bagaimana tabahnya Pangeran Diponegoro hidup di gua ini. Selain jalan menuju gua yang nggak manusiawi (Belanda aja pasti ogah naik kemari :p) kondisi di dalam gua ya...jauh dari nyaman.
Selain Goa Sriti, ada juga gua pertahanan Pangeran Diponegoro di Bantul, yaitu Goa Selarong. Potensi Goa Sriti untuk dikembangkan menjadi obyek wisata sejarah cukup menjanjikan. Sebab, Kalibawang sendiri punya bentang alam yang elok, seperti hamparan sawah dan sungai Tinalah

Tidak ada komentar: